Kamis 24 Dec 2020 03:15 WIB

Kontroversi JK Rowling Masuk Nominasi Penghargaan BBC

Kontroversi Penulis Harry Potter JK Rowling yang Masuk Nominasi Penghargaan BBC

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
picture-alliance/AP/J. C. Ryan

Jurnalis Ronan Farrow dan Clive James sebelumnya telah menerima penghargaan tersebut, dengan memiliki tiga kriteria pemenang: bahasa, pengetahuan, dan kekuatan moral - "sebuah penolakan naluriah dan mendalam atas ketidakadilan," menurut editor media BBC, Amol Rajan.

Kantor berita publik Inggris itu membela nominasi Rowling dengan mengatakan bahwa meskipun Rowling menyinggung banyak orang dengan komentarnya tentang transgender, namun ''menyinggung'' adalah risiko kebebasan berbicara. BBC menghargai "keberanian" Rowling untuk menulis blog meskipun banyak kritik keras atas pandangannya.

Nominasi Rowling terjadi pada saat BBC sedang dalam pengawasan kebijakan editorialnya. Minggu lalu, Ofcom, pengawas penyiaran Inggris, menentang keputusan BBC untuk memaksa transgender tampil mewakili kelompok anti-trans untuk menciptakan argumen yang "seimbang."

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement