Kamis 24 Dec 2020 11:38 WIB

Kematian Aktivis Pakistan Naikkan Separatisme di Balochistan

Kematian aktivis perempuan Pakistan picu protes kelompok pro-kemerdekaan Balochistan

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
Abdul Ghani Kakar/DW

Dia mengadvokasi keluarga korban, dan berkampanye agar kasus-kasus tersebut tidak dilupakan.

"Kematian aktivis #KarimaBaloch di Toronto, Kanada, sangat mengejutkan dan harus segera diselidiki secara efektif,” tulis Amnesty International Asia Selatan dalam twitnya. "Pelaku harus diajukan ke pengadilan,” imbuh organisasi HAM tersebut.

Sejak beberapa dekade terakhir, Balochistan menjadi medan pertempuran antara pasukan pemerintah dan kelompok-kelompok kecil separatis. Pegiat HAM mengeluhkan, aparat keamanan sering menangkap warga sipil secara ilegal,

Sementara kaum nasionalis Balochistan mengecam diskriminasi oleh pemerintah pusat di Islamabad dan menuntut pembagian merata pendapatan sumber daya alam antara pusat dan daerah.

Pakistan didominasi etnis Punjabi yang mewakili 44 persen populasi. Mereka menguasai pemerintahan sipil dan militer, dan secara etnogeografi hidup di kawasan paling subur di jantung Pakistan.

rzn/as (ap, dpa)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement