Selasa 05 Jan 2021 13:18 WIB

People's Daily: Tak akan Ada Era Jack Ma

Diduga hilangnya Jack Ma terkait dengan penyelidikan Alipay.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Jack Ma berpidato dalam sebuah seminar bisnis.
Foto:

Pada 24 Desember lalu Pan memanggil perwakilan Ant untuk bertemu regulator di Beijing. "(Ant) harus dengan tegas memperbaiki kredit ilegal, aktivitas asuransi, dan pengelolaan kekayaan," kata Pan.

Para pengamat menilai, divisi-divisi tersebut menjadi bisnis dengan pertumbuhan paling cepat dan menguntungkan. Pan menahan diri untuk tidak meminta Ant dipecah. Tapi, menurutnya, grup tersebut harus memisahkan diri dari perusahaan induk untuk memastikan mematuhi peraturan.

Media milik pemerintah China People's Daily Online melaporkan tidak akan ada 'zamannya Jack Ma'. Mereka menggunakan slogan Cina dengan menggunakan kata-kata 'zaman baru'.

"Ma Yun cerdas, tapi tanpa bantuan kebijakan nasional, Ali tidak akan dapat menjadi kerajaan bisnis triliunan, dan Ma Yun tidak memiliki pengaruh dan popularitas seperti hari ini," kata People's Daily Online.

Pada 2013 Partai Komunis China melegalisasi penahanan rahasia dan sewenang-wenang. Selebritas, pejabat, pengusaha, dan banyak orang mengalami penahanan dalam waktu yang berbeda-beda.

Tokoh yang paling terkenal yang pernah menghilang dan dikabarkan ditahan adalah aktris Fan Bingbing, ilmuwan genetika He Jiankui, dan mantan kepala Interpol Meng Hongwei. Semuanya muncul kembali dan ditahan lagi selama beberapa waktu.

BACA JUGA: Balada Jack Ma: Dari Hero Menjadi Zero

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement