Selasa 05 Jan 2021 21:07 WIB

Inggris Umumkan Karantina Wilayah Nasional Ketiga

Kasus Covid-19 harian di Inggris mencapai rekor tertinggi sejak dimulainya pandemi

Red: Nur Aini
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan karantina wilayah nasional baru di Inggris akan dimulai pada Selasa (5/1) hingga sekitar pertengahan Februari untuk membendung lonjakan kasus Covid-19 di negara itu.

‘Akhir di depan mata, tapi tetaplah di rumah untuk saat ini'

“Berkat keajaiban sains, tidak hanya akhir yang terlihat, tetapi kita tahu persis bagaimana kita akan sampai di sana. Tapi untuk saat ini, saya khawatir Anda harus sekali lagi tinggal di rumah, melindungi NHS (Layanan Kesehatan Nasional), dan menyelamatkan nyawa,” kata Johnson.

Data pemerintah Inggris yang dirilis pada hari Senin menunjukkan bahwa ada 58.784 kasus yang tercatat di seluruh Inggris selama 24 jam terakhir, total harian tertinggi sejak pandemi dimulai. Jumlah kasus harian telah melampaui angka 50.000 selama tujuh hari berturut-turut. Jumlah total kasus positif sejak awal pandemi mencapai lebih dari 2,71 juta.

Sementara itu, 407 orang meninggal akibat virus corona dalam satu hari terakhir, sehingga total kematian menjadi 75.431.

Tingkat siaga tertinggi

Sebelum pidato Johnson, empat kepala petugas medis Inggris untuk pertama kalinya menaikkan tingkat kewaspadaan Covid-19 Inggris dari Level 4 menjadi Level 5, yang merupakan tingkat tertinggi. Menurut informasi pemerintah, Level 5 berarti ada risiko material dari layanan kesehatan yang kewalahan.

Sistem tingkat peringatan Covid-19 terpisah dari sistem tingkat yang diberlakukan di Inggris.

Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon pada hari sebelumnya mengumumkan karantina wilayah nasional di seluruh daratan Skotlandia dan sebagian besar pulau-pulaunya hingga akhir Januari efektif mulai Senin tengah malam.

“Sangat penting bagi kami untuk lebih membatasi interaksi antara rumah tangga yang berbeda untuk membendung penyebaran dan mengembalikan situasi terkendali, sementara kami memvaksinasi lebih banyak orang,” kata Sturgeon.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/inggris-umumkan-karantina-wilayah-nasional-ke-3/2098398
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement