Kamis 14 Jan 2021 10:47 WIB

Kedubes AS di Yerusalem Ekspansi Jelang Trump Lengser

AS membangun gedung kedubes baru di Yerusalem

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Jelang pembukaan kedubes AS di Yerusalem
Foto:

Persetujuan tersebut dilakukan sepekan sebelum pelantikan Presiden terpilih AS Joe Biden. Meskipun Biden mengatakan tidak akan memindahkan kedutaan AS kembali ke Tel Aviv, sumber kota menyatakan jaminan atas keputusan yang dibuat sebelum pergantian presiden.

Presiden AS Donald Trump mengumumkan kedutaan akan dipindahkan pada 2017. Duta Besar AS untuk Israel David Friedman memindahkan kantor utamanya ke konsulat AS yang ada di Arnona pada tahun berikutnya. Kantor cabang tetap beroperasi di Tel Aviv kedutaan sebelumnya.

Pemerintahan Trump juga menjual properti tepi pantai Herzliya Pituah yang berfungsi sebagai kediaman duta besar. Penjualan itu dilaporkan dijual kepada dermawan dan donor Trump, Sheldon Adelson, yang meningga pekan ini.

Sementara kompleks baru sedang dibangun, duta besar berikutnya dapat tinggal di properti AS di Agron Street di Yerusalem, meskipun jauh lebih kecil daripada rumah Herzliya dan tidak memiliki tempat untuk acara luar ruangan yang besar. AS juga mempertahankan suite di King David Hotel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement