Selasa 02 Feb 2021 18:00 WIB

Delegasi Jihad Islam Kunjungi Rusia Bahas Isu Palestina

Kelompok Jihad Islam mengaku menerima undangan resmi dari Rusia.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Pejuang Palestina dari Jihad Islami menembakkan roket buatan tangan ke arah Israel.
Foto: AP Photo/Ashraf Amra
Pejuang Palestina dari Jihad Islami menembakkan roket buatan tangan ke arah Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Delegasi senior kelompok Jihad Islam Palestina mengunjungi Moskow, Rusia, pada Senin (1/2). Mereka hendak membahas masalah Palestina dengan para pejabat tinggi Rusia.

Sekretaris Jenderal Jihad Islam Ziyad Al-Nakhalah termasuk dalam delegasi yang datang ke Moskow. Mereka mengaku menerima undangan resmi dari Kementerian Luar Negeri Rusia. "Kami akan membahas hubungan timbal balik yang melayani kepentingan Palestina, memobilisasi dukungan internasional untuk hak-hak nasional kami yang sah dan mencari cara untuk menghadapi kebijakan pendudukan Israel," kata Jihad Islam dalam sebuah pernyataan, dikutip laman Middle East Monitor.

Baca Juga

Pekan lalu, delegasi Hamas turut mengunjungi Moskow. Mereka dan para pejabat Rusia membahas persoalan yang berkaitan dengan Palestina. Rusia telah mengadakan pertemuan dengan pejabat atau tokoh senior dari beberapa faksi Palestina. Salah satu topik utama yang dibicarakan adalah upaya rekonsiliasi internal Palestina.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov adalah tokoh yang memimpin prakarsa komunikasi dengan faksi Palestina. Selain menjadi sebagai wakil menteri, Bogdanov diketahui turut menjabat sebagai utusan khusus presiden Rusia untuk Timur Tengah dan Afrika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement