Kamis 04 Feb 2021 18:32 WIB

Inggris Uji Kombinasi Vaksin Pfizer-BioNTech dan AstraZeneca

Peserta uji coba di Inggris akan menerima satu dosis dari dua tipe vaksin

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Inggris menggelar uji coba untuk mengkombinasikan vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech dan AstraZeneca.
Foto:

Jumlah peserta lebih sedikit dibandingkan saat uji coba untuk mencari tahu apakah vaksin efektif untuk melindungi diri dari virus korona atau tidak. Uji coba ini tidak menilai efektivitas kombinasi vaksin tapi peneliti akan mengukur respon antibodi dan T-cell serta memantau efek samping yang tidak terduga.

Uji coba ini dipimpin oleh ahli vaksin Oxford Matthew Snape. Ia mengatakan hasil awal uji coba ini dapat memberi informasi mengenai penerapan vaksin pada pertengahan tahun kedua ini.

"Hasil yang kami perkirakan akan kami dapatkan pada bulan Juni atau sekitar itu, akan memberi informasi dosis yang menguatkan populasi umum," katanya.

Uji coba ini sedang mencari peserta berusia di atas 50 tahun yang mungkin memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan orang muda. Peserta juga harus belum pernah divaksin. 

Vaksin AstraZeneca juga dikombinasikan dengan vaksin Rusia, Sputnik V. Kepala penelitian perusahaan asal Inggris itu mengatakan harusnya semakin banyak penelitian yang mengkombinasikan vaksin. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement