Sabtu 06 Feb 2021 18:26 WIB

Covid-19 Belum Dipastikan Bersumber dari Pasar Makanan Wuhan

Pasar makanan laut di Wuhan dikaitkan dengan klaster pertama kasus Covid-19.

Seorang pekerja mengenakan pakaian Hazmat  di pasar ikan yang ditutup di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (23/1/2020). Tim WHO kembali ke Wuhan untuk menyelidiki asal mula penyebaran virus corona ke seluruh dunia.
Foto: STR/Reuters
Seorang pekerja mengenakan pakaian Hazmat di pasar ikan yang ditutup di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (23/1/2020). Tim WHO kembali ke Wuhan untuk menyelidiki asal mula penyebaran virus corona ke seluruh dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Pasar makanan laut Huanan di Wuhan kemungkinan menyebarkan virus corona. Tetapi tidak berarti virus tersebut berasal dari tempat itu, menurut pakar Rusia.

"Tidak ada bukti virus bersumber dari tempat tersebut tetapi secara hipotesis, semua kondisi memungkinkan bagi penyebaran virus di tempat itu," kata Vladimir Dedkov, anggota tim ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), seperti dikutip Sputnik.

Baca Juga

Pasar makanan laut di Wuhan dikaitkan dengan klaster pertama kasus Covid-19, akan tetapi para ilmuwan belum dapat mengambil kesimpulan pasti mengenai peran pasar tersebut dalam transmisi Covid-19. Saat mengunjungi Institut Virologi Wuhan bersama sembilan ahli WHO lainnya pada Rabu (3/2), Dedkov juga menolak dugaan kebocoran virus.

"Tentunya, penting bagi misi kami untuk mendatangi fasilitas ini, berkomunikasi dengan kolega kami dan melihat bagaimana segala sesuatunya dikelola di tempat itu," katanya, dikutip dari Xinhua, Sabtu (6/2).

"Laboratorium itu memiliki fasilitas lengkap," katanya. "Sulit bagi saya untuk membayangkan bahwa sesuatu bisa bocor dari tempat itu."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement