Kamis 18 Feb 2021 18:23 WIB

Terungkap Saddam Hussein Minta Putrinya Raghad Bercerai

Kamel dituduh berbagi informasi tentang senjata rahasia Irak pada Barat

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Putri mendian Saddam Hussein, Raghad
Putri mendian Saddam Hussein, Raghad

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Putri tertua Saddam Hussein, Raghad Saddam Husein, menceritakan perseteruan ayah dengan suaminya Hussein Kamel al-Majid saat diwawancarai Al Arabiya. Dalam wawancara tersebut, dia banyak menceritakan tentang masa kecilnya, sekolah, dan pernikahan di usia 15 tahunnya dengan Kamel.

Kamel membelot bersama istri dan saudara laki-lakinya ke Yordania pada 1995. Setahun kemudian dia kembali dan dianggap sebagai pengkhianat. Kamel diduga berbagi informasi tentang senjata rahasia Irak pada Barat. Dia juga dituduh membocorkan informasi tersebut dengan organisasi mata-mata.

Baca Juga

Kedua putri Saddam Hussein, Raghad Saddam Hussein dan Rana Saddam Hussein juga kembali ke Irak bersama suami dan anak mereka. Setelah mereka kembali, Saddam Hussein memaksa kedua suami putrinya untuk menceraikan kedua putrinya.

Laporan telah menunjukkan di masa lalu bahwa Saddam secara pribadi memerintahkan pembunuhan menantu laki-lakinya. Namun Raghad bersikeras bahwa itu adalah keputusan klan untuk membunuh mereka.

"Saya sangat terluka, sangat mungkin lebih dari yang dapat Anda bayangkan. Keputusan adalah keputusan klan," katanya kepada Al Arabiya.

Pada bagian pertama dari wawancara multi-seri dengan Raghad Hussein, putri almarhum pemimpin Irak Saddam Hussein mengatakan topik memecah belah Irak telah menjadi salah satu opsi di panggung politik. Dia menekankan bahwa setiap tahap memiliki persyaratannya sendiri kecuali untuk membagi tanah air.

Dia juga menganggap bahwa masa pemerintahan ayahnya adalah waktu yang 'mulia' bagi Irak. Namun, dia juga mengakui bahwa itu telah diperlakukan dengan kasar dalam kasus-kasus tertentu.

 

Raghad Saddam Hussein telah menjadi tokoh polarisasi di tanah air Irak. Pada 2018, pihak berwenang Irak menobatkannya di urutan teratas dalam daftar paling dicari di negara itu. Pada saat itu, dia bersumpah untuk menghadapi semua orang yang "menghinanya" dengan menuntut mereka kembali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement