Senin 22 Feb 2021 16:51 WIB

China Siap Buka Hubungan dengan AS, Ini Syarat-syaratnya

China meminta AS tak mencampuri urusan dalam negeri Beijing.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
 Menteri Luar Negeri China Wang Yi, tengah.
Foto:

Biden berjanji memperbaiki hubungan kedua negara dan mengubah langkah diplomasi AS lebih beradab lagi. Tapi belum diketahui apakah Washington akan melakukan perubahan fundamental terhadap China.

"(China) tidak memiliki niat untuk menantang atau menggantikan Amerika Serikat," kata Wang seperti dikutip Aljazirah, Senin (22/2).

Ia mengatakan China siap hidup berdampingan dengan damai dan melakukan pembangunan bersama AS. Wang juga meminta AS berhenti mengintervensi urusan domesik Cina.  "Berhenti merongrong kedaulatan dan keamanan dalam negeri Cina terkait, Hong Kong, Xinjiang, dan Tibet," katanya.  

Menteri Luar Negeri itu mengatakan AS harus mengaktifkan kembali dialog di semua level yang telah ditekan oleh Washington selama pemerintahan Trump. Ia juga mencatat sambungan telepon antara Biden dan Presiden China Xi Jinping  baru-baru ini sebagai langkah positif.

Wang menekankan, memperbaiki hubungan bilateral membuat kedua negara dapat mengatasi pandemi Covid-19, perubahan iklim dan pemulihan ekonomi global bersama-sama. Dalam bidang perdagangan Wang mengatakan, China akan membela hak-hak perusahaan AS.

"(Dengan harapan) AS akan segera menyesuaikan kebijakannya sesegera mungkin, antara lain menghapus tarif tak masuk akal terhadap barang-barang Cina, mencabut sanksi unilateral terhadap perusahaan dan institusi penelitian dan pendidikan Cina dan meninggalkan penindasan tak rasional terhadap kemajuan teknologi Cina," kata Wang.

Ia juga mengatakan AS harus mencabut pembatasan terhadap pertukaran orang, lembaga pendidikan dan media. Hal itu penting demi memperbaiki penurunan tajam jumlah warga China yang belajar, berwisata dan berbisnis ke AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement