Sabtu 27 Feb 2021 20:01 WIB

Disebut Terlibat Kasus Khashoggi, MBS Tetap Lolos Sanksi AS

Sejumlah pejabat Arab Saudi disanksi atas laporan intelijen AS soal Jamal Khashoggi.

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
Kasus Khashoggi: Mohammed bin Salman Lolos dari Sanksi AS

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa ia telah berbicara dengan Raja Saudi Salman untuk "meminta pertanggungjawaban terhadap mereka atas pelanggaran hak asasi manusia" dan Amerika Serikat akan mengumumkan perubahan signifikan dalam hubungan bilateral kedua negara pada hari Jumat dan Senin.

"Saya berbicara kemarin dengan raja ... menjelaskan kepadanya bahwa peraturan berubah dan kami akan mengumumkan perubahan signifikan hari ini dan Senin (01/03). Kami akan meminta pertanggungjawaban mereka atas pelanggaran hak asasi manusia," kata Biden dalam sebuah wawancara dengan Univision.

Uni Emirat Arab dukung posisi Saudi

Negara tetangga yang juga sekutu Saudi yakni Uni Emirat Arab (UEA) pada Sabtu (27/02) menyatakan dukungannya atas posisi Arab Saudi dalam laporan intelijen Amerika Serikat tentang pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, demikian laporan kantor berita resmi UEA, WAM.

Kementerian luar negeri UEA "menyatakan kepercayaan dan dukungannya terhadap putusan pengadilan Saudi, yang menegaskan komitmen kerajaan untuk menerapkan hukum secara transparan dan tidak memihak, dan meminta pertanggungjawaban semua yang terlibat dalam kasus ini," kata WAM.

ae/yp (AFP, Reuters)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement