Rabu 03 Mar 2021 16:11 WIB

Australia Kembangkan Disinfektan Basmi Virus dalam 90 Detik

Praktik desinfeksi penting untuk mengurangi potensi kontaminasi virus Covid-19

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Covid-19. Australia mengeluarkan disinfektan baru yang mampu membunuh virus covid-19 dalam 90 detik.
Foto:

ViroCLEAR pertama-tama akan tersedia sebagai pembersih tangan dan disinfektan permukaan untuk 5,5 juta orang Australia di sekolah, universitas, fasilitas perawatan lansia, dan tempat perhotelan. Persediaan kemudian akan tersedia untuk masyarakat pada awal akhir bulan.

Produk tersebut juga akan diluncurkan untuk pengguna angkutan umum dalam beberapa bulan mendatang. Macdougald mengatakan disinfektan datang pada waktu yang tepat, karena hanya sedikit kasus baru yang dilaporkan secara nasional saat ini dan perbatasan negara bagian dan teritori terbuka.

Namun, dia memperingatkan, berada di puncak musim gugur dan bulan-bulan yang lebih dingin dapat meningkatkan risiko infeksi baru dan potensi strain virus baru.

TGA mencantumkan 176 disinfektan yang telah dimasukkan ke dalam daftar barang untuk digunakan melawan Covid-19. Setiap klaim bahwa suatu produk memiliki efek terhadap virus harus secara tegas diizinkan oleh TGA sebelum digunakan dalam iklan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan praktik desinfeksi penting untuk mengurangi potensi kontaminasi virus Covid-19 di tempat non-perawatan kesehatan seperti rumah, kantor, sekolah, pusat kebugaran, pusat komunitas, transportasi, dan restoran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement