Sabtu 06 Mar 2021 16:24 WIB

Petani India Blokir Jalan Tol

Para petani bersikukuh meminta pemerintah batalkan undang-undang yang rugikan mereka.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Para siswa memegang plakat menuntut pembebasan aktivis iklim India Disha Ravi, selama protes di Bengaluru, India, Selasa, 16 Februari 2021. Ravi, 22, ditangkap di Bengaluru Sabtu karena mengedarkan dokumen di media sosial yang mendukung berbulan-bulan protes besar-besaran oleh petani. Polisi mengatakan bahwa dokumen tersebut menyebarkan informasi yang salah tentang protes petani di pinggiran New Delhi dan menodai citra India.
Foto:

Beberapa putaran negosiasi antara pemimpin petani dan pemerintah gagal. Pemerintah Modi justru mengecam para pendukung protes. Modi dituduh oleh aktivis hak asasi manusia menggunakan taktik keras untuk mengekang protes.

Sementara protes sebagian besar berlangsung damai. Serentetan kekerasan singkat pada 26 Januari menyebabkan kematian seorang pemrotes. Polisi telah mengajukan tuntutan pidana terhadap delapan jurnalis atas dugaan kesalahan pelaporan pada peristiwa hari itu.

“Tanggapan otoritas India terhadap protes telah difokuskan pada mendiskreditkan pengunjuk rasa damai, melecehkan kritik terhadap pemerintah, dan menuntut mereka yang melaporkan peristiwa tersebut,” kata Human Rights Watch dalam sebuah pernyataan bulan lalu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement