Selasa 09 Mar 2021 07:59 WIB

Sejarah Hari Ini: Debut Perdana Boneka Barbie

Barbie adalah boneka mainan dengan fitur dewasa yang diproduksi massal pertama di AS

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Boneka Barbie
Foto:

Dengan mensponsori program TV "Klub Mickey Mouse" pada 1955, Mattel menjadi perusahaan mainan pertama yang menyiarkan iklan untuk anak-anak. Mereka menggunakan media ini untuk mempromosikan mainan baru mereka, dan pada 1961, permintaan konsumen yang sangat besar untuk boneka tersebut membuat Mattel membuat pasangan untuk Barbie.  

Handler menamainya Ken, seperti nama putranya. Sahabat Barbie, Midge, muncul pada 1963, kemudian adik perempuannya, Skipper memulai debutnya pada tahun berikutnya.

Selama bertahun-tahun, Barbie menghasilkan penjualan besar dan banyak kontroversi. Sisi positifnya, banyak perempuan melihat Barbie sebagai alternatif dari peran gender tradisional 1950-an.  

Barbie memiliki serangkaian pekerjaan yang berbeda, dari pramugari maskapai penerbangan, dokter, pilot dan astronot hingga atlet Olimpiade dan bahkan kandidat presiden AS. Sementara ada juga pakaian desainer, mobil, dan "Rumah Impian" Barbie yang tak pernah habisnya mendorong anak-anak untuk menjadi materialistis.  

Namun, penampilan Barbie-lah yang menyebabkan paling banyak kontroversi. Pinggang kecil dan payudaranya yang sangat besar, diperkirakan jika dia seorang perempuan sejati, ukurannya akan menjadi 36-18-38 yang membuat banyak orang mengklaim bahwa Barbie memberikan contoh yang tidak realistis dan berbahaya kepada anak perempuan dan memupuk citra tubuh yang negatif.

Terlepas dari kritik, penjualan barang dagangan terkait Barbie terus melonjak, mencapai 1 miliar dolar per tahun pada 1993. Sejak 1959, lebih dari satu miliar boneka dalam keluarga Barbie telah terjual di seluruh dunia dan Barbie sekarang menjadi ikon global yang bonafid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement