Sabtu 20 Mar 2021 23:15 WIB

Mesir Puji Langkah Turki ke Pemulihan Hubungan Bilateral

Turki telah membuka saluran diplomatik dengan Mesir.

Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi.
Foto: Reuters
Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Seorang menteri Mesir pada Jumat memuji keputusan Turki baru-baru ini yang mengambil langkah menuju pemulihan hubungannya dengan Mesir. Menteri itu menggambarkan langkah ini sebagai "pertanda baik".

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Penerangan Mesir Osama Heikal menyambut baik langkah-langkah Turki tersebut, menyebutnya sebagai "pertanda baik untuk menciptakan suasana yang cocok untuk membahas kasus-kasus sengketa antara kedua negara.

Baca Juga

Heikal mengatakan bahwa pemulihan antara Mesir dan Turki akan melayani kepentingan kedua belah pihak.

Dia menambahkan bahwa negaranya tidak memusuhi siapa pun. Sikap dalam hubungannya adalah untuk mengembangkan hubungan dengan semua berdasarkan pemahaman dan menjaga kepentingan bersama.

Pekan lalu, setelah bertahun-tahun hubungan yang tegang antara kedua negara, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan Turki dan Mesir baru-baru ini memiliki komunikasi di tingkat intelijen dan kementerian luar negeri, dan hubungan tingkat diplomatik telah dimulai.

Sumber, https://www.aa.com.tr/id/dunia/mesir-puji-langkah-turki-menuju-pemulihan-hubungan-bilateral/2182206

Turki telah berulang kali menegaskan komitmennya terhadap hukum internasional, norma diplomatik, dan prinsip-prinsip bertetangga yang baik tanpa campur tangan dalam urusan dalam negeri negara lain, sambil tetap menekankan penolakan tegasnya terhadap kudeta militer, yang membuat Turki menolak penggulingan Presiden Mesir Muhammad Mursi pada 2013.

sumber : Anadolu
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement