Selasa 23 Mar 2021 11:25 WIB

Australia Keluarkan Peringatan Banjir dan Perintah Evakuasi

Australia harus mengakuasi sekitar 18 ribu orang

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Jembatan New Windsor terlihat dibanjiri oleh air banjir dari Sungai Hawkesbury di Windsor, barat laut Sydney, New South Wales, Senin, 22 Maret 2021. Negara bagian New South Wales terpadat di Australia pada hari Minggu mengeluarkan lebih banyak perintah evakuasi menyusul banjir terburuk dalam beberapa dekade.
Foto:

Berejiklian mengatakan lebih dari 15.000 penduduk perlu dievakuasi di seluruh New South Wales. Pihak berwenang telah meminta bantuan dari Pasukan Pertahanan Australia untuk mengevakuasi penduduk. Tim darurat mulai mengevakuasi ribuan penduduk di barat laut Sydney saat sungai meluap membanjiri rumah-rumah. Sementara, Warragamba Dam, penyedia air utama Sydney mulai meluap pada Sabtu (20/3) dan diperkirakan akan meluap lebih parah dalam tujuh hari mendatang. 

Sejumlah foto dan video yang beredar di media sosial menunjukkan, sejumlah jembatan hanyut, hewan-hewan terdampar dan rumah terendam. Bahkan satu truk kontainer menabrak jembatan di New South Wales sehingga menyebabkan kerusakan struktural yang besar. Sementara dalam video lainnya, sebuah mobul tersapu oleh banjir di Queensland.

Cuaca buruk diperkirakan mulai mereda pada Rabu (24/3) malam. Para pejabat memperingatkan penduduk yang terkena dampak agar tidak kembali ke rumah mereka, karena dikhawatirkan akan muncul banjir susulan. Morrison mendesak seluruh warga agar mengikuti arahan dari pihak berwenang. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement