Rabu 24 Mar 2021 13:46 WIB

Iran Dukung Tawaran Gencatan Senjata di Yaman

Pernyataan Iran muncul sehari setelah Arab Saudi menawarkan rencana perdamaian Yaman

Red: Nur Aini
Iran pada Selasa (23/3) mengatakan bahwa pihaknya mendukung segala rencana perdamaian yang mengarah pada kesepakatan gencatan senjata secara nasional di Yaman.
Iran pada Selasa (23/3) mengatakan bahwa pihaknya mendukung segala rencana perdamaian yang mengarah pada kesepakatan gencatan senjata secara nasional di Yaman.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Iran pada Selasa (23/3) mengatakan bahwa pihaknya mendukung segala rencana perdamaian yang mengarah pada kesepakatan gencatan senjata secara nasional di Yaman.

Pernyataan dari otoritas Iran itu muncul sehari setelah Arab Saudi menawarkan untuk mengakhiri hampir enam tahun peperangan di Yaman.

Baca Juga

"Sejak awal perang ini, Republik Islam Iran telah menekankan bahwa krisis Yaman tidak memiliki solusi militer," kata Kementerian Luar Negeri Iran dalam sebuah pernyataan.

"Iran mendukung semua jenis prakarsa perdamaian yang akan mengakhiri pendudukan, membuka jalan bagi pencabutan blokade ekonomi, memulai negosiasi politik dan memungkinkan transfer kekuasaan kepada rakyat Yaman tanpa intervensi asing," imbuh pernyataan itu.

Menteri Luar Negeri Saudi Faisal bin Farhan menawarkan gencatan senjata yang diawasi oleh PBB antara pemerintah Yaman yang didukung Saudi dan pemberontak Houthi, yang didukung oleh Iran, serta pembukaan kembali Bandara Internasional Sana’a, dan dimulainya negosiasi politik.

Yaman dilanda kekerasan dan ketidakstabilan sejak 2014, ketika pemberontak Houthi menguasai sebagian besar negara, termasuk ibu kota Sanaa. Krisis meningkat pada 2015 ketika koalisi militer pimpinan Saudi meluncurkan kampanye udara yang bertujuan untuk menggulung kembali kemenangan teritorial Houthi.

Puluhan ribu orang Yaman, termasuk warga sipil, diyakini telah tewas dalam konflik tersebut, yang menyebabkan apa yang dikatakan PBB sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia karena jutaan orang berhadapan dengan risiko kelaparan.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/iran-dukung-tawaran-gencatan-senjata-di-yaman/2185961
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement