Rabu 31 Mar 2021 01:59 WIB

Mengapa Orang yang Divaksinasi Flu Lebih Jarang Terinfeksi Covid-19?

Orang yang mendapat vaksinasi influenza terbukti lebih jarang terinfeksi Covid-19.

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
Vaksin flu berdampak pada Covid-19

Kemungkinan hanya korelasi?

Tentu saja ada keraguan terkait korelasi vaksinasi flu dengan rendahnya kasus infeksi corona ini. Apakah fenomena ini hanya merupakan korelasi dari kejadian tertentu? Yakni, orang yang divaksinasi flu menjadi lebih berhati-hati dalam melakukan kontak sosial?

Pasalnya di AS atau Jerman, kebanyakan yang sukarela melakukan vaksinasi flu yang harus membayar ekstra, adalah para manula atau orang dari kelompok risiko dan kelompok komorbid. Sementarakalangan lebih muda dan sehat jarang divaksinasi flu.

Juga di AS, kelompok manula secara sukarela mengisolasi diri, setelah pandemi baru merebak dan memakan ratusan ribu korba jiwa. Sementara kelompok aktif masih tetap harus bekerja normal.

Namun riset dari Michigan menepis adanya korelasi "kebetulan" semacam itu. Indikasinya, para manula biasanya mengembangkan gejala sakit parah jika terinfeksi Covid-19. Sementara riset tim di bawah pimpinan Ana Colon menunjukkan hasil berbeda.

Juga indikasi berikutnya dari para nakes aktif di rumah sakit di Belanda, yang mendapat vaksinasi flu terbukti lebih jarang terifeksi Covid-19, membantah adanya korelasi semacam itu. (as/vlz)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement