Senin 05 Apr 2021 08:26 WIB

Yordania Diguncang Intervensi Asing, Pangeran Hamzah Ditahan

Pangeran Hamzah dituduh berhubungan dengan pihak asing untuk membuat kekacauan

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Raja Yordania Abdullah II.
Foto:

Perkembangan tersebut kemungkinan akan mengguncang citra Yordania sebagai negara paling stabil di Timur Tengah. Raja Abdullah mencopot Pangeran Hamzah dari posisinya sebagai pewaris takhta pada 2004.

Meskipun dia telah terpinggirkan selama bertahun-tahun, Pangeran Hamzah telah membuat marah pihak berwenang dengan menjalin hubungan dengan sejumlah tokoh oposisi dari suku-suku yang kuat. Mereka dikenal sebagai Herak, yang belum lama ini menyerukan aksi protes terhadap korupsi di Yordania. Negara tersebut mengalami resesi terburuk dalam beberapa dekade akibat pandemi Covid-19.

"Apa yang dikatakan Pangeran Hamza berkali-kali terdengar di rumah setiap orang Yordania. Pihak berwenang harus mendengarkan lonceng peringatan yang dibunyikan dari dua sumber yang berbeda, dari masyarakat dan dari dalam keluarga kerajaan tentang kondisi nyata negara dan korupsi yang terjadi," ujar seorang kolumnis terkemuka, Ahmad Hasan al Zoubi.

Kepala istana Yordania di era Raja Hussein, Jawad al-Anani, mengatakan, beberapa tokoh oposisi telah merapat di sekitar Pangeran Hamzah. Hal ini tidak disukai oleh raja. Tetapi, sebagian besar politisi percaya Pangeran Hamzah akan dibungkam karena dia bukan merupakan ancaman. 

"Saya pikir Raja Abdullah telah mengukuhkan dirinya di pelana dan putranya Hussein telah mengonsolidasikan dirinya sebagai pewaris takhta," ujar al Anani. 

Kantor berita SPA melaporkan, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman menelepon Raja Abdullah pada Ahad (4/4) untuk menegaskan dukungan mereka atas langkah-langkah yang dia ambil untuk menjaga stabilitas dan keamanan Yordania. Selain itu, Raja Maroko Mohammed VI juga menyatakan dukungan dan solidaritas bagi Yordania. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement