Rabu 07 Apr 2021 08:47 WIB

Kapal Kargo Iran Diserang di Laut Merah

Kapal Iran dilaporkan menjadi sasaran ranjau limpet

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Bendera Iran
Foto:

Ada tiga serangan lain yang dilaporkan terhadap kapal kargo milik Iran atau Israel sejak 25 Februari. Pada 25 Maret, sebuah kapal kargo milik sebuah perusahaan Israel dirusak oleh rudal di Laut Arab. Seorang pejabat senior keamanan Israel menduga serangan itu dilakukan oleh Iran. 

Dua minggu sebelumnya, media pemerintah Iran mengutip seorang penyelidik Iran yang mengatakan Israel kemungkinan besar berada di balik ledakan yang menyebabkan kebakaran kecil kapal kontainer Iran di Mediterania.

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz menolak berkomentar langsung pada saat itu, tetapi mengatakan Iran secara teratur mengirim senjata ke proxynya di wilayah tersebut.

Pada 26 Februari, Netanyahu menyalahkan Iran atas ledakan di atas kapal pengangkut kendaraan milik Israel di Teluk Oman. Seorang pejabat AS mengatakan ledakan itu membuat kedua sisi lambung kapal berlubang. Sementara seorang pejabat Israel mengatakan serangan tersebut menggunakan ranjau limpet. Iran menolak bertanggung jawab atas serangan itu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement