Jumat 16 Apr 2021 14:50 WIB

Biden Sambut Suga Sebagai Tamu Negara Pertama

Pertemuan ini menunjukkan pentingnya Tokyo dalam strategi AS hadapi China.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga.
Foto:

Pekan ini pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan Negeri Sakura belum memutuskan apakah bergabung dalam memberikan pernyataan gabungan mengenai Taiwan atau tidak. Anggota parlemen dari partai berkuasa Jepang mengatakan pemerintah masih memperdebatkan apakah Suga perlu mendukung pesan keras mengenai Taiwan.

Pejabat pemerintah AS mengatakan Washington tidak akan memaksa Jepang untuk menandatangani setiap dimensi pendekatan AS terhadap China. "Kami juga mengakui dalamnya hubungan ekonomi dan perdagangan Jepang dan Cina dan Perdana Menteri Suga ingin membahas isu ini dengan hati-hati dan kami menghormati itu," kata pejabat tersebut.

Selain bertemu dengan Suga, Biden juga dijadwalkan bertemu langsung dengan Korea Selatan (Korsel) pada Mei. Biden sedang fokus terhadap Indo-Pasifik untuk mengelola menguatnya pengaruh China di kawasan yang ia pandang sangat penting bagi kebijakan luar negeri AS saat ini.

Ia berharap dapat menyatukan usaha dalam menghadapi Cina dan Korea Utara dengan Korsel dan Australia, India, Jepang dalam sebuah kelompok yang kenal Quad. Hal itu membutuhkan usaha menyeimbangkan pengaruh yang rumit mengingat hubungan Jepang dan Korsel dengan Cina serta dinginnya hubungan Tokyo dan Seoul saat ini. 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement