Senin 21 Jun 2021 12:40 WIB

Brasil Diperingatkan Pandemi Covid-19 Bisa Memburuk

Kematian akibat Covid-19 di Brasil telah melampaui 500 ribu jiwa.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Ratusan bunga mawar merah ditancapkan di pantai Copacabana, Rio de Janeiro, Brasil, untuk memperingati 500 warga yang meninggal akibat Covid-19, Ahad (20/6).
Foto:

Pekan ini, kasus baru yang dikonfirmasi di Brasil meningkat menjadi rata-rata lebih dari 70 ribu per hari. Jumlah tersebut telah melampaui India. Seorang ahli epidemiologi di Universitas Sao Paulo Esrer Sabini mengatakan, vaksinasi sangat penting dalam mengalahkan virus di Brasil karena negara itu gagal mencapai konsensus tentang menjaga jarak sosial dan masker.

"Kami benar-benar perlu meningkatkan vaksinasi dengan sangat cepat," kata Sabini.

Brasil sangat bergantung pada vaksin yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech, China. Brasil perlu menginokulasi sekitar 80 juta orang untuk mencapai efektivitas progam vaksin. Impor vaksin dari China tertunda setelah Bolsonaro menentang Beijing dengan komentar yang dianggap anti-China.

Pan American Health Organization (PAHO) melaporkan 1,1 juta kasus baru Covid-19 dan 31 ribu kematian di Amerika minggu lalu. PAHO mencatat kenaikan di enam negara bagian Meksiko, Belize, Guatemala, Panama, dan beberapa tempat di Karibia. PAHO memperingatkan bahwa situasi Covid-19 Kolombia berada pada titik terburuk. Kolombia mengalami kekurangan empat tidur di unit perawatan intensif. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement