Rabu 23 Jun 2021 17:12 WIB

Laporan: Taliban Tembak Rumah Sakit dengan Roket

Taliban merebut Kota Shir Khan Bandar di perbatasan Tajikistan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Seorang pejabat keamanan Afghanistan yang memegang peluncur granat berpeluncur roket (RPG) berpatroli di sebuah desa setelah mereka membersihkan daerah gerilyawan Taliban di distrik Achin di provinsi Nangarhar, Afghanistan, 31 Mei 2021 (dikeluarkan 01 Juni 2021).
Foto:

Hingga Rabu (23/6), Afghanistan, melaporkan 107.957 kasus infeksi dan 4.366 kasus kematian Covid-19. Banyak pejabat kesehatan negara itu yang mengatakan angka kasus infeksi dan kematian sebenarnya lebih tinggi lagi tapi banyak kasus yang tak terdeteksi karena keterbatasan alat tes.

Virus terus menyebar saat guncangan terhadap keamanan juga terus tumbuh. Terutama sejak AS memulai tahap akhir penarikan pasukannya pada 1 Mei lalu dan Taliban meningkatkan serangannya terhadap pasukan pemerintah.

Dalam pernyataannya Selasa (22/6) malam pasukan penjaga perbatasan Tajikistan mengatakan mereka mengizinkan 135 personel pasukan keamanan dan pegawai bea cukai Afghanistan masuk ke Tajikistan. Izin diberikan agar, pasukan bisa melarikan dari dari Shir Khan Bandar yang terletak sekitar 50 kilometer dari Kota Kunduz.

Pemerintah Afghanistan mengatakan Taliban merebut amunisi dan kendaraan tempur di kota tersebut. Setelah pihak berwenang Afghanistan menyerah pada pemberontak. Kehilangan kota itu menjadi pukulan keras bagi pemerintah Afghanistan sebab mereka juga kesulitan menghentikan Taliban merebut wilayah-wilayah lainnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement