Jumat 25 Jun 2021 17:58 WIB

Bangga Buatan Lokal, Khamenei Disuntik Vaksin Produksi Iran

Khamenei menyatakan ketidakpercayaannya dengan vaksin Covid Amerika dan Inggris.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Teguh Firmansyah
Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei
Foto:

Lari menambahan, 3.219 pasien dalam kondisi serius, dan 2.809.595 telah pulih sejauh ini.  Meski begitu, Iran tetap menjadi salah satu negara yang paling terpukul di dunia.

Iran juga mengatakan sedang mengerjakan vaksin dengan kerja sama dari negara asing.  Pihak berwenang Iran mengatakan bahwa vaksin lain yang diproduksi bersama oleh Iran dan Kuba, akan bergabung dengan paket vaksin negara itu dalam beberapa hari mendatang.

Penelitian vaksin lokal Iran telah mendapatkan urgensi karena para pejabat menuduh bahwa sanksi Amerika yang berat akan menghambat upaya inokulasi massal Republik tersebut.

Iran mempertahankan beberapa akses ke vaksin, termasuk melalui partisipasinya dalam COVAX, sebuah inisiatif internasional yang dirancang untuk mendistribusikan vaksin ke negara-negara terlepas dari kekayaan mereka.

Namun bank dan lembaga keuangan internasional enggan berurusan dengan Iran karena takut akan hukuman Amerika.  Di bawah aturan COVAX, Iran dapat memesan dosis yang cukup untuk memvaksinasi setengah dari 82 juta penduduknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement