Senin 28 Jun 2021 00:39 WIB

Sejumlah Negara Berjuang Menahan Penyebaran Varian Delta

Munculnya varian ini memicu kekhawatiran gelombang baru.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah Negara Berjuang Menahan Penyebaran Varian Delta. Tenaga kesehatan memeriksa sejumlah pasien di halaman RSUD Chasbullah Abdulmajid Kota Bekasi, Jawa Barat, Ahad (27/6). Kasus Covid-19 di Indonesia masih terus mengalami lonjakan, berdasarkan data dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada Minggu 27 Juni 2021 jumlah kasus positif covid-19 bertambah sebanyak 21.324 orang dengan total kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 2.115.304 orang. Republika/Thoudy Badai
Foto:

Sementara beberapa penelitian telah menunjukkan vaksin sedikit kurang efektif terhadap Delta. Ini pun baru aktif setelah dosis kedua vaksin dilakukan.

Israel yang memiliki salah satu kampanye vaksinasi paling sukses di dunia telah melihat infeksi terkait dengan lonjakan varian sejak menghapus persyaratan memakai masker di tempat umum tertutup sepuluh hari lalu. Setelah empat hari lebih dari 100 kasus baru per hari, kini kementerian kesehatan telah membatalkan keputusan itu.

Situasi di Eropa

Dilansir Aljazirah, Ahad (27/6), tuan rumah Euro 2020 Rusia Saint Petersburg pada Sabtu melaporkan jumlah kematian harian Covid-19 tertinggi sejak awal pandemi. Pihak berwenang mencatat adanya 107 kematian dilaporkan selama 24 jam terakhir. Akibatnya, aturan pembatasan Covid-19 diperketat pada pekan lalu dalam upaya mengekang lonjakan kasus varian Delta.

Di negara tetangga Finlandia, otoritas setempat mengatakan mereka telah mendeteksi lonjakan infeksi virus korona yang berasal dari penggemar sepak bola saat kembali dari Saint Petersburg. Direktur Lembaga Kesehatan Finlandia Mika Salminen mengatakan kepada media lokal YLE sejauh ini lebih dari 120 kasus telah diidentifikasi.

Kasus tersebut berasal dari warga yang kembali dari kota Rusia. Sebagian besar mereka adalah penggemar sepak bola dan jumlahnya kemungkinan akan meningkat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement