Selasa 29 Jun 2021 14:54 WIB

Milisi Pro-Iran Gempur Pasukan AS

Serangan ini merupakan aksi balasan atas gempuran udara jet tempur AS.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Pasukan militer AS di Suriah
Foto:

Milisi pro-Iran beroperasi di wilayah Albukamal di perbatasan Irak ke Deir Ezzor, dan kemudian melalui pangkalan T-4 ke Damaskus dan Suriah. Iran juga memiliki pasukan Garda Revolusi Iran di Suriah dan anggota Brigade Fetemiyun.

Tasnim melaporkan, saksi mata mengatakan pasukan AS hadir di daerah itu pada saat serangan, tetapi tidak mengatakan berapa banyak yang terbunuh.  Beberapa media melaporkan bahwa aksi tersebut dilakukan oleh kelompok perlawanan.

Setelah serangan ini, beberapa pesawat pengintai milik pasukan Amerika dan koalisi internasional terbang di atas wilayah tersebut. Surat kabar Suriah Al-Jasr juga melaporkan bahwa pangkalan militer AS di daerah Al-Mayadin Suriah diserang oleh delapan rudal Katyusha.

Fars News mengatakan bahwa, media lokal Saberin News melaporkan serangan roket di pangkalan ladang minyak Al-Omar di Deir ez-Zor di tanah Suriah, dekat perbatasan dengan Irak.  Menurut laporan itu, setidaknya delapan roket menargetkan markas koalisi AS di ladang minyak Omar.  

Saberin News melaporkan kobaran api dan asap telah membubung dari ladang minyak Omar, dan helikopter AS telah terbang di atasnya. Laporan tersebut tidak merinci sumber tembakan roket. Sementara Kantor Berita resmi Suriah (SANA) juga mengkonfirmasi serangan terhadap pangkalan militer AS di ladang minyak Omar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement