Selasa 06 Jul 2021 18:07 WIB

Serangan Kuda Nil Tewaskan 27 Orang di Uganda

Menurut otoritas setempat, korban terbanyak ditemukan di tepi danau di distrik Wakiso - Anadolu Agency

Serangan kuda nil telah menewaskan puluhan orang di Uganda dalam dua bulan terakhir.
Serangan kuda nil telah menewaskan puluhan orang di Uganda dalam dua bulan terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, KAMPALA - Serangan kuda nil telah menewaskan puluhan orang di Uganda dalam dua bulan terakhir. Sedikitnya 27 orang tewas di sepanjang Danau Victoria, termasuk perempuan dan anak-anak yang mengambil air di pantai dan nelayan yang menggunakan perahu kecil untuk menangkap ikan.

Menurut otoritas setempat, korban terbanyak ditemukan di tepi danau di distrik Wakiso. “Kuda nil membunuh lebih banyak orang di daerah kami daripada Covid-19. Dalam dua bulan terakhir, 27 orang tewas diserang kuda nil,” kata Charles Mukalaz, pemimpin dewan lokal di daerah tersebut.

Baca Juga

Dia mengatakan warga setempat sudah beberapa kali mengadukan kepada otoritas satwa liar Uganda, tetapi belum ada upaya lebih lanjut. “Setelah membunuh, mereka bersembunyi untuk waktu yang singkat, kemudian datang untuk membunuh lagi,” ungkap Ketua Distrik Wakiso Matiya Lwanga Bwanik.

Dia mengimbau otoritas margasatwa agar segera mengirim tim untuk menangani hewan-hewan itu. “Memang air adalah habitat kuda nil. Kadang-kadang warga tidak sadar mereka berada di area di mana kuda nil berkembang biak, lalu ketika mereka mencari ikan, mereka pun diserang," kata juru bicara Otoritas Margasatwa Uganda Bashir Hangi.

Jubir itu juga berjanji bahwa mereka akan menangkap dan memindahkan kuda nil yang bermasalah.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/dalam-2-bulan-terakhir-serangan-kuda-nil-tewaskan-27-orang-di-uganda-/2295624
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement