Sabtu 17 Jul 2021 01:33 WIB

Jangan Buang Ikan Mas Peliharaan ke Danau, Ketahui Dampaknya

Jika tak lagi bisa memeliharanya, ikan mas sebaiknya diberikan kepada orang lain.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
 Pejabat di Minnesota, AS makin sering menemukan ikan mas ukuran raksasa di saluran air. Warga pun diminta untuk berhenti membuang ikan peliharaannya secara ilegal ke kolam dan danau.
Foto:

Sementara itu, Manajer Sumber Daya Alam Kota Burnsville Daryl Jacobson mengatakan pemerintah kota Burnsville telah menerima laporan terkait keberadaan ikan mas di Danau Keller. Setelah itu, mereka melakukan survei dan sudah memperkirakan akan mendapati ikan mas di danau tersebut.

"Tetapi kami terkejut dengan betapa besarnya ukuran mereka," ungkap Jacobson.

Jacobson mengatakan, ikan mas cenderung menyesuaikan diri dengan lingkungan mereka. Hal inilah yang membuat ikan mas di akuarium berukuran kecil dan ikan mas di perairan alami memiliki ukuran lebih besar.

"Mereka spesies yang kuat. Mereka bisa bertahan di bawah es, dengan oksigen yang rendah, dan air yang tidak jernih," jelas Jacobson.

Kekhawatiran yang sama juga pernah diungkapkan oleh beberapa ahli biologi pada 2013. Kala itu, para ahli biologi mengkhawatirkan air Danau Tahoe yang jernih akan terdampak oleh populasi ikan mas yang besar karena warga setempat diyakini kerap membuang ikan mas peliharaan mereka di danau tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement