Selasa 27 Jul 2021 13:45 WIB

Victoria Longgarkan Pembatasan, NSW Hadapi Lonjakan Covid-19

NSW Australia kemungkinan akan melanjutkan pembatasan sosial

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
 Pejalan kaki berjalan melewati toko mode di Sydney, New South Wales, Australia, ilustrasi
Foto:

Negara Bagian South Australia juga mengatakan akan mencabut peraturan pembatasan sosial pada Rabu besok setelah tidak ada kasus positif virus corona dalam 24 jam terakhir.

Karantina wilayah atau lockdowns dikhawatirkan memicu resesi ekonomi pertama di Australia setelah bertahun-tahun. Tapi Menteri Keuangan  Josh Frydenberg mengatakan pembicaraan mengenai hal itu masih terlalu dini.

Pekan lalu Frydenberg mengatakan perekonomian Australia senilai 2 triliun dolar Australia atau 1,5 triliun dolar AS diperkirakan akan menyusut di Produk Domestik Bruto (PDB) yang terbaru. Lockdown membuat Negeri Kanguru harus menghabiskan 300 juta dolar Australia per hari.

Peraturan pembatasan sosial yang ketat, pelacakan penularan virus dan lockdown membantu Australia menekan kasus infeksi dan kematian akibat Covid-19. Hingga kini Negeri Kanguru hanya melaporkan sekitar 33.100 kasus infeksi dan 920 kasus kematian.

Namun, wabah terbaru di Sydney menunjukkan gelombang pasien rawat inap dan 10 kasus kematian dalam beberapa pekan terakhir. NSW mengatakan dari 169 orang yang terinfeksi 46 di antaranya dirawat di unit gawat darurat.   

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement