Rabu 08 Sep 2021 20:36 WIB

Kasus Bayi Tertukar di Spanyol Terungkap 19 Tahun Kemudian

Korban bayi tertukar menggugat Departemen Kesehatan Regional Spanyol.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda
Bayi baru lahir (ilustrasi). Seorang gadis berusia 19 tahun asal Spanyol baru mengetahui dirinya bukanlah anak dari orang tua yang membesarkannya selama ini. Dia menggugat departemen kesehatan regional karena membuatnya terpisah dari ibu kandungnya.
Foto:

Kesalahan itu terungkap pada 2017, setelah orang yang dikira sebagai ayahnya menuntut tes paternitas dalam perselisihan tunjangan anak. Hasil tes menunjukan bahwa sang anak tidak terkait secara biologis dengan keluarga yang membesarkannya.

Departemen kesehatan di wilayah utara La Rioja mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penyelidikan internal menemukan adanya kelalaian manusia dalam kasus tunggal tersebut, namun tak mampu melacak siapa yang bersalah. Badan itu akan menghormati setiap proses peradilan.

"Kami tidak mengetahui adanya kasus lain," kata departemen kesehatan itu menekankan sistem yang ada saat ini akan mencegah kesalahan serupa terjadi lagi.

Menurut surat kabar setempat, perempuan satunya lagi juga telah dikabari tentang kasus bayi yang tertukar itu. Identitas para korban tetap dirahasiakan.

sumber : Reuters, AP
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement