Ahad 03 Oct 2021 22:28 WIB

Rasulullah SAW Tetap Atur Strategi Hijrah Meski Dilindungi

Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah tetap gunakan strategi

Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah tetap gunakan strategi. Ilustrasi Padang Pasir
Foto:

Oleh : Ustadz Yendri Junaidi Lc MA, dosen STIT Diniyyah Puteri Padang Panjang, alumni Al-Azhar Mesir

Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya dan membantunya dengan bala-tentara yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menjadikan kalimat orang kafir itu rendah, dan kalimat Allah yang tinggi. Dan Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.” 

Bahkan seorang pemburu ulung dari suku Mudlij bernama Suraqah, yang begitu bersemangat mengejar keduanya karena tergiur dengan hadiah yang disiapkan pemuka-pemuka Quraisy. 

Suraqah berhasil menemukan keduanya. Tapi ketika seluruh usaha manusiawi sudah dikerahkan, dan yang tersisa hanyalah tawakkal, maka bantuan Allah SWT datang dalam bentuk yang tidak diduga-duga. Kuda yang ditunggangi Suraqah terperosok. Ia bangkit dan mencoba lagi, tapi tetap tidak berhasil. Suraqah baru sadar bahwa sosok yang dikejarnya dilindungi. 

Akhirnya Suraqah pulang ke Makkah. Setiap bertemu dengan orang yang ingin mencari Rasulullah dan Abu Bakar, ia berkata, “Berbaliklah. Dari arah sini tidak ada.” Dan mereka pun berbalik karena percaya dengan ucapan Suraqah. Suraqah berubah dalam sesaat, dari pengejar menjadi penjaga, dari lawan menjadi kawan.  

Keliru kalau terlalu mengandalkan usaha manusiawi. Seolah-olah semua akan berhasil dengan keterampilan yang dimiliki dan usaha yang dikerahkan. 

Keliru juga menanti keajaiban dari langit. Seolah semua bisa berubah sekejap mata begitu saja. Tanpa disadari, mental seperti ini menghinggapi sebagian orang yang menunggu kedatangan Imam Mahdi dengan segala kemampuan luar biasa yang dimilikinya.

Kita perlu mengkaji lebih dalam peristiwa hijrahnya Rasulullah Saw agar kita memahami bagaimana menyeimbangkan antara al-akhdzu bil asbab dengan at-tawakkul al-haq. 

رَبَّنَا أَدْخِلْنَا مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنَا مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لَّنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيرًا   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement