Jumat 08 Oct 2021 09:52 WIB

Finlandia Hentikan Pemberian Vaksin Moderna untuk Pria Muda

Finlandia susul Swedia dan Denmark yang membatasi penggunaan vaksin Moderna.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 Moderna. Risiko peradangan jantung pada pria muda membuat Finlandia menghentikan sementara pemberian vaksin Covid-19 Moderna untuk pria muda.
Foto:

Di sisi lain, regulator di Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menekankan bahwa manfaat vaksin yang dikembangkan dengan teknologi mRNA seperti yang digunakan oleh Moderna dan Pfizer-BioNTech dalam mencegah Covid-19 lebih besar daripada risikonya. Seorang juru bicara Moderna mengatakan, pihaknya telah mengetahui keputusan yang dibuat regulator Swedia dan Denmark.

"Ini biasanya kasus ringan dan orang yang mengalaminya cenderung pulih dalam waktu singkat setelah perawatan standar dan istirahat. Risiko miokarditis meningkat secara substansial bagi mereka yang tertular Covid-19 dan vaksinasi adalah cara terbaik untuk melindunginya," ujar juru bicara Moderna.

photo
Sudah divaksinasi, orang masih bisa kena Covid-19. - (Republika)

Pejabat kesehatan Swedia dan Denmark telah mengumumkan sehari sebelumnya mengenai pengehentian sementara penggunaan vaksin Moderna untuk semua populasi dewasa muda dan anak-anak.  Pejabat kesehatan Norwegia menegaskan bahwa mereka merekomendasikan laki-laki di bawah usia 30 tahun untuk memilih vaksin Pfizer.

Menteri Kesehatan Italia Roberto Speranza mengatakan, negara itu tidak berencana untuk menangguhkan vaksin Moderna. Ia mengatakan, negara-negara Eropa harus bekerja sama lebih erat untuk berkoordinasi lebih baik. "Kami harus memercayai otoritas internasional, dimulai dengan EMA yang merupakan lembaga referensi kami dan mereka telah menyatakan penilaian yang sangat jelas tentang masalah ini," katanya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement