Kamis 14 Oct 2021 19:46 WIB

Menhan: Taiwan tak akan Mulai Perang dengan China

Taiwan akan mempertahankan diri sepenuhnya dari ancaman China.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Dalam foto yang dirilis oleh Kantor Berita Militer Taiwan ini, unit artileri Taiwan melakukan latihan menembak langsung untuk mencegah pasukan pendaratan pantai selama latihan Han Guang yang diadakan di pulau kabupaten Penghu, Taiwan, Rabu, 15 September 2021. Tahunan Taiwan Latihan militer lima hari Han Guang dirancang untuk mempersiapkan pasukan pulau itu untuk serangan oleh China, yang mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya sendiri.
Foto:

Menurut peta aktivitas kementerian pertahanan Taiwan, pejuang China terus lebih dekat ke pantai China. "Tujuan mereka di satu sisi untuk menekan Taiwan, dan di sisi lain untuk mengatakan kepada semua orang bahwa kami memiliki kemampuan untuk menakut-nakuti dan menghalangi pasukan militer asing untuk terlibat," katanya.

China mengeklaim kegiatan militernya di udara Taiwan sebagai langkah adil untuk melindungi perdamaian dan stabilitas. Cina juga kembali menyalahkan kolusi Taiwan dengan pasukan asing. Meski tidak langsung merujuk ke Amerika Serikat (AS), AS telah membantu Taiwan dalam militernya yang justru menimbulkan peningkatan ketegangan.

Kedutaan Besar China di Washington mengatakan, bahwa pihaknya telah menyampaikan keluhan keapda pemerintah AS tentang pertemuan antara duta besar de facto Taiwan untuk negara itu dan diplomat senior AS, dan tentang kunjungan komandan tentara Taiwan, Hsu Yen-pu, ke Amerika Serikat.

"AS seharusnya tidak berfantasi (tentang) mencari dukungan dan kerja sama Cina sementara dengan sembarangan menantang garis merah Cina pada pertanyaan Taiwan," katanya. Berbicara awal pekan ini, Chiu mengatakan Hsu tidak berada di Amerika Serikat dalam perjalanan rahasia tetapi sebagai bagian dari pertukaran tahunan reguler.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement