Ahad 21 Nov 2021 19:33 WIB

AS akan Tarik Seluruh Pasukan dari Irak Akhir 2021

AS berkomitmen menarik seluruh pasukan tempurnya dari Irak pada akhir tahun ini.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Agung Sasongko
 Pasukan keamanan Irak menutup Zona Hijau yang dijaga ketat saat mereka memperketat tindakan keamanan beberapa jam setelah upaya pembunuhan terhadap Perdana Menteri Mustafa al-Kadhimi, di Baghdad, Irak, Ahad, 7 November 2021. Al-Kadhimi selamat dari serangan drone bersenjata yang menargetkan kediamannya Ahad pagi dan para pejabat mengatakan dia lolos tanpa cedera.
Foto:

Negara-negara Teluk telah meminta AS membuat kesepakatan yang turut biasa mengatasi program rudal balistik Iran, termasuk perilaku destabilisasinya di kawasan tersebut. Negara Teluk Arab, yang sangat bergantung pada payung militer AS, telah mengutarakan ketidakpastian tentang fokus pemerintahan Presiden Joe Biden di kawasan tersebut. Hal itu terutama setelah AS menarik seluruh personel militernya dari Afghanistan.

 

Saat ini AS dinilai berupaya mengalihkan fokusnya ke kawasan Pasifik. Washington berupaya membendung dan melawan pengaruh Cina di kawasan tersebut. Pada September lalu, AS, Inggris, dan Australia telah membentuk aliansi bernama AUKUS. Aliansi itu dipandang sebagai upaya untuk menandingi Beijing di Pasifik.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement