Rabu 08 Dec 2021 18:38 WIB

Miliarder Jepang Berangkat ke ISS dengan Soyuz Rusia

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa juga akan ke bulan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Miliarder asal Jepang Yusaku Maezawa sesaat sebelum meluncur dengan pesawat ruang angkasa Soyuz MS-20 Rusia pada Rabu (8/12).
Foto:

Selain memfilmkan Maezawa, Hirano juga akan mengambil bagian dalam penelitian kesehatan manusia. Ia terlibat dalam penelitian kinerja atas nama Translational Research Institute for Space Health (TRISH) di Baylor College of Medicine.

photo
Pesawat luar angkasa Soyuz MS-20 membawa tiga awak, salah satunya miliarder asal Jepang, Yusaku Maezawa, ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Rabu (8/120 - (EPA)

Studi akan mencakup pengumpulan pembacaan elektrokardiogram (EKG). Hirano juga akan mengambil bagian dalam serangkaian tes kognitif dan menggunakan perangkat refraktor otomatis portabel untuk mengumpulkan data penglihatan.

"Saya senang berpartisipasi dalam penelitian ini karena akan membantu para ilmuwan mengurangi risiko kesehatan bagi penjelajah ruang angkasa di masa depan," kata Hirano dalam sebuah pernyataan.

Misurkin akan menjadi pemandu Maezawa dan Hirano selama misi tersebut. Ia akan menjadi koresponden luar angkasa pertama untuk kantor berita Rusia TASS. Berdasarkan kesepakatan dengan Roscosmos, Misurkin akan mendirikan kantor berita TASS di stasiun dan membuat laporan harian tentang kegiatan kru. Artikel, foto, dan videonya akan diunggah ke situs web kantor berita dan akun media sosial TASS.

Misurkin, Maezawa, dan Hirano akan kembali ke Bumi dengan Soyuz MS-20 pada Ahad (19/12). Mereka direncanakan menyelesaikan misi dengan mendarat di padang rumput Kazakhstan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement