Rabu 29 Dec 2021 13:18 WIB

Direktur CDC Sebut Gejala Omicron Ringan untuk Penerima Vaksin

Lebih dari 40 orang terinfeksi omicron di AS, sebagian menunjukkan gejala ringan.

Rep: Dwina agustin/ Red: Friska Yolandha
Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) Dr Rochelle Walensky menyatakan lebih dari 40 orang di AS telah ditemukan terinfeksi varian omicron sejauh ini, Rabu (29/12). Lebih dari tiga perempat dari mereka telah divaksinasi dengan hampir semua dari mereka hanya sakit ringan.
Foto:

CDC belum membuat proyeksi apa pun tentang bagaimana varian tersebut dapat memengaruhi perjalanan pandemi di AS. Walensky mengatakan para pejabat sedang mengumpulkan data tetapi banyak faktor yang dapat memengaruhi bagaimana pandemi berkembang.

"Ketika saya melihat ke masa depan, banyak yang pasti tentang sains, tetapi juga tentang bersatu sebagai komunitas untuk melakukan hal-hal yang mencegah penyakit dalam diri Anda dan satu sama lain. Dan saya pikir banyak dari masa depan kita bergantung pada bagaimana kita bersatu untuk melakukan itu," kata Walensky.

CDC juga mencoba untuk menentukan apakah varian omicron menyebabkan penyakit yang lebih ringan atau lebih parah daripada jenis virus corona lainnya. Temuan bahwa hampir semua kasus sejauh ini ringan mungkin merupakan cerminan bahwa pandangan pertama pada kasus omicron AS menangkap sebagian besar orang yang sudah divaksin sehingga memiliki penyakit yang lebih ringan.

Minggu ini, para ilmuwan di Afrika Selatan melaporkan sebuah penelitian laboratorium kecil tentang antibodi akibat vaksin untuk kekebalan terhadap omicron. Mereka menemukan antibodi yang dibuat oleh vaksin tidak seefektif mencegah infeksi omicron seperti dalam menghentikan versi lain dari virus corona.

Produsen vaksin Pfizer mengatakan bahwa sementara dua dosis mungkin tidak cukup protektif untuk mencegah infeksi, tes laboratorium menunjukkan booster meningkatkan tingkat antibodi penangkal virus hingga 25 kali lipat. Sampel darah yang diambil sebulan setelah booster menunjukkan orang menyimpan tingkat antibodi penetral omicron yang serupa dengan jumlah yang terbukti protektif terhadap varian sebelumnya setelah dua dosis.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement