Ahad 23 Jan 2022 18:32 WIB

Tonga Bergelut dengan Abu dan Trauma

Letusan gunung berapi Tonga memicu gelombang tsunami di Samudra Pasifik.

Dalam foto yang dirilis palang merah, relawan mengirimkan bantuan penting bagi masyarakat Tonga, Jumat (21/1/2022).
Foto:

"Saya pikir di seluruh pulau, semua orang syok," kata Mary Lyn Fonua, redaktur pelaksana situs berita Matangi Tonga Online pada Ahad.

Perlu waktu sepekan bagi banyak orang untuk pulih dari suara erupsi yang menggetarkan, menakutkan. "Terlalu keras untuk didengar tapi saya bisa merasakannya. Rumah kami bergetar, jendela-jendela bergetar dan makin lama makin kuat sampai dentuman besar itu," katanya.

Penduduk berharap hujan tropis turun untuk menyapu bersih abu vulkanik yang membuat "perih dan gatal", kata Fonua. Daun-daun pepohonan menjadi cokelat dan berguguran.

Fonua mengatakan saat itu dia berada di kantornya yang menghadap laut dan sedang menelpon puteranya yang tinggal di Selandia Baru ketika tsunami menerjang. Ketika sambungan terputus, puteranya takut ibunya telah terseret oleh tsunami. 

Kecemasan banyak keluarga Tonga di luar negeri berlangsung berhari-hari sebelum sambungan internasional dipulihkan secara terbatas. Terputus dari dunia luar, penduduk Tonga berupaya melakukan penyelamatan darurat.

Orang-orang tua di Tonga yang terbiasa hidup mandiri memperhatikan bahwa anak-anak muda terpaksa berhenti melihat ponsel cerdas mereka dan mulai bertindak, kata dia. Setelah listrik pulih setelah mati sepekan, situs Matangi Tonga pada Sabtu mengunggah berita pertamanya sejak erupsi dan tsunami.

 

Berita itu menggambarkan "hujan batu apung" sebagai runtuhan vulkanis yang jatuh dari langit, dan gelombang laut yang menelan mobil-mobil. Tetapi, kantornya masih belum bisa mengirim surat elektronik dan Tonga memerlukan kapasitas satelit yang lebih banyak, kata Fonua. Kapal dan pesawat angkatan laut yang datang ke Tonga membawa banyak bantuan dan peralatan komunikasi yang sangat dibutuhkan, kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement