Kamis 24 Feb 2022 17:47 WIB

Timeline Konflik Rusia-Ukraina: Dimulai Sejak Musim Semi Tahun Lalu

Invasi dimulai ketika Rusia mengirimkan pasukan ke perbatasan Ukraina pada 2021.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
 Orang-orang berjalan melewati konsekuensi dari penembakan Rusia di Kyiv, Ukraina, Kamis, 24 Februari 2022. Pasukan Rusia telah meluncurkan serangan yang diantisipasi ke Ukraina. Ledakan besar terdengar sebelum fajar di Kyiv, Kharkiv dan Odesa ketika para pemimpin dunia mengecam dimulainya invasi Rusia yang dapat menyebabkan korban besar dan menggulingkan pemerintah Ukraina yang terpilih secara demokratis.
Foto:

14 Februari: Zelenskiy meminta rakyat Ukraina untuk mengibarkan bendera dan menyanyikan lagu nasional pada 16 Februari, media Barat melaporkan Rusia akan menyerang pada tanggal tersebut.

15 Februari: Rusia mengatakan beberapa pasukannya kembali ke pangkalan mereka setelah latihan di Ukraina. Moskow juga mengejek peringatan Barat tentang kemungkinan invasi. Parlemen Rusia meminta Putin mengakui dua daerah yang memisahkan diri dari timur Ukraina.

photo
Bendera nasional Ukraina melambai di atas pusat Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, Rabu, 16 Februari 2022, hanya 40 kilometer (25 mil) dari beberapa dari puluhan ribu tentara Rusia yang berkumpul di perbatasan Ukraina, terasa sangat berbahaya. Sebagai pejabat Barat memperingatkan invasi Rusia bisa terjadi pada awal hari ini, Presiden Ukraina Zelenskyy menyerukan Hari Persatuan, dengan Ukraina didorong untuk mengibarkan bendera Ukraina di seluruh negeri. - (AP/Mstyslav Chernov)

18 Februari: Duta Besar AS untuk Organisasi Keamanan dan Kerjasama Eropa Michael Carpenter mengatakan mungkin Rusia akan mengerahkan sekitar 169 hingga 190 ribu pasukan di dalam dan dekat Ukraina.

19 Februari: Pasukan strategis nuklir Rusia menggelar latihan yang diawasi langsung oleh Putin.

21 Februari: Macron mengatakan Biden dan Putin sudah menyetujui prinsip pertemuan mereka mengenai Ukraina.

Dalam pidato yang disiarkan televisi Putin mengatakan Ukraina bagian integral sejarah Rusia, tidak pernah memiliki sejarah kenegaran sendiri, dikelola oleh kekuatan asing dan merupakan rezim boneka. Putin menandatangani kesepakatan yang mengakui kemerdekaan dua daerah di timur Ukraina dan mengerahkan pasukan Rusia ke sana.

photo
Orang-orang memeriksa konsekuensi dari penembakan Rusia di Kyiv, Ukraina, Kamis, 24 Februari 2022. Pasukan Rusia telah meluncurkan serangan yang diantisipasi ke Ukraina. Ledakan besar terdengar sebelum fajar di Kyiv, Kharkiv dan Odesa ketika para pemimpin dunia mengecam dimulainya invasi Rusia yang dapat menyebabkan korban besar dan menggulingkan pemerintah Ukraina yang terpilih secara demokratis. - (AP/Mikhail Palinchak)

22 Februari: AS, Inggris, dan sekutu-sekutu mereka memberlakukan sanksi pada anggota parlemen, bank Rusia dan aset-aset Rusia lainnya. Jerman menunda meresmikan proyek Nord Stream 2.

Dalam pidato yang disiarkan di televisi, Putin meminta Ukraina melucuti militernya. Ukraina telah melanggar Perjanjian Minsk.

23 Februari: Separatis pro-Rusia di Ukraina timur meminta bantuan Putin untuk bertempur melawan pasukan pemerintah Ukraina.

24 Februari: Putin memberi wewenang untuk "operasi militer khusus" ke Ukraina timur dan meminta pasukan Ukraina meletakan senjata. Pasukan Rusia mulai melancarkan tembakan rudal dan artileri ke pasukan dan pangkalan Ukraina, serta menyerang kota-kota besar. 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement