Kamis 17 Mar 2022 00:47 WIB

Gempa Kuat Landa Jepang: 2 Juta Rumah di Tokyo Gelap Gulita, Reaktor Nuklir Fukushima Aman

Gempa 7,3 SR melanda Jepang pada Rabu (16/3/2022) malam.

Jalan di pinggiran Tokyo menjadi gelap akibat kendala pasokan listrik menyusul gempa kuat  yang melanda Jepang pada Rabu (16/3/2022).
Foto:

Lebih dari 2,2 juta rumah tanpa listrik di 14 prefektur timur laut, termasuk wilayah Tokyo, yang dilayani oleh TEPCO dan utilitas lain, Tohoku Electric Power Co, menurut perusahaan. Gempa itu mengguncang sebagian besar wilayah timur Jepang, termasuk Tokyo, di mana gedung-gedung bergoyang keras.

photo
Barang-barang berserakan di toko serba ada di Fukushima, Jepang utara Rabu (16/3/2022) sebagai akibat dari gempa bumi berkekuatan 7,3. - (Kyodo News via AP)

East Japan Railway Co mengatakan, sebagian besar layanan keretanya ditangguhkan untuk pemeriksaan keamanan. Beberapa kereta api lokal kemudian kembali beroperasi. Kereta ekspres Tohoku Shinkansen ada yang tergelincir di antara Fukushima dan Miyagi akibat gempa, namun tidak ada yang terluka, menurut laporan NHK.

Perdana Menteri Fumio Kishida mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintah sedang menilai tingkat kerusakan. Ia berjanji untuk melakukan yang terbaik untuk operasi penyelamatan dan bantuan.

"Tolong ambil tindakan dulu untuk menyelamatkan hidup Anda," cicit Kishida.

Matsuno mengatakan, ada sejumlah panggilan darurat. Pihak berwenang setempat masih sibuk menilai kerusakan.

"Kami melakukan yang terbaik dalam operasi penyelamatan dan mengutamakan nyawa orang," katanya seraya mengingatkan warga di daerah yang terkena dampak untuk lebih berhati-hati terhadap kemungkinan gempa susulan besar selama sekitar satu pekan ke depan.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement