Senin 21 Mar 2022 16:02 WIB

Hong Kong Longgarkan Karantina Bagi Pendatang Asing

Hong Kong cabut larangan penerbangan dari sembilan negara.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Calon penumpang berjalan di Bandara Hong Kong yang kosong pada Jumat (18/2/2022). Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengatakan akan membuka kembali penerbangan dan mengurangi durasi karantina penumpang luar negeri.
Foto:

Lam juga mengumumkan bahwa rencana untuk melakukan pengujian virus corona massal akan ditunda, mengutip para ahli yang mengatakan itu bukan waktu yang tepat. Hong Kong perlu memiliki strategi keluar yang jelas daripada mencoba membasmi virus sepenuhnya.

Sementara bekas jajahan Inggris itu secara resmi berpegang pada kebijakan virus corona "nol dinamis", Hong Kong telah beralih ke strategi mitigasi ketika kematian meroket. Hong Kong telah mencatat kematian paling banyak per satu juta orang secara global dalam beberapa minggu terakhir. Angka ini lebih dari 24 kali lipat dari Singapura karena sebagian besar lansia yang tidak divaksinasi karena varian Omicron yang sangat menular merobek panti jompo sejak Februari.

Kota yang padat itu telah mencatat lebih dari 1 juta infeksi sejak pandemi dimulai dan sekitar 5.000 kematian, kebanyakan dari mereka dalam sebulan terakhir. Sebanyak 4 juta orang dapat terinfeksi menurut perkiraan para ahli kesehatan karena banyak penduduk yang tertular virus dan diisolasi di rumah tanpa memberi tahu pihak berwenang.

Lam juga mengatakan pada Senin bahwa langkah-langkah jarak sosial akan dilonggarkan secara bertahap mulai 21 April. Pelonggaran memungkinkan makan di restoran setelah jam 6 sore dengan meja empat orang dari dua saat ini. Klub malam, pub dan pantai akan diizinkan untuk dibuka pada tahap kedua sementara orang-orang akan diizinkan untuk berolahraga di luar ruangan tanpa masker. Masker saat ini wajib di mana-mana di luar rumah.

 

Hingga tahun ini, Hong Kong jauh lebih berhasil dalam mengendalikan virus corona daripada banyak kota lain seukurannya. Namun gelombang infeksi terbaru membanjiri sistem medis kelas dunianya, kamar mayat meluap dan kepercayaan publik terhadap pemerintah kota berada di titik tertinggi waktu rendah.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement