Jumat 25 Mar 2022 19:56 WIB

Indonesia Dukung Resolusi PBB Soal Situasi Kemanusiaan Ukraina

Indonesia memberikan berbagai masukan substansi yang konstruktif dalam resolusi

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Wakil Tetap RI New York, Dubes Arrmanatha Nasir Indonesia memberikan berbagai masukan substansi yang konstruktif dalam resolusi situasi kemanusiaan Ukraina
Foto:

Arrmanatha menjelaskan, bahwa berdasarkan prosedur pengaturan Majelis Umum PBB, jika sudah ada resolusi yang diadopsi untuk isu yang sama, negara anggota PBB memiliki opsi, untuk tidak mengambil keputusan untuk resolusi tersebut. Sementara Majelis Umum PBB memutuskan untuk tidak melanjutkan pengambilan keputusan atas resolusi Afrika Selatan.

Dalam hal ini, Indonesia sudah siap mendukung draft resolusi Afrika Selatan di Majelis Umum PBB. Sebab semua upaya yang bertujuan untuk mengatasi situasi kemanusiaan yang semakin memburuk di Ukraina, harus didukung.

"Bagi Indonesia, mengedepankan pendekatan kemanusiaan di tengah perang adalah prinsip dan atas dasar ini juga, Indonesia hingga saat terakhir, terus mendorong agar kedua resolusi dapat disatukan, guna menunjukan persatuan dalam Majelis Umum PBB," ujar Arrmanatha.

Indonesia di berbagai kesempatan dalam pembahasan isu Ukraina selalu konsisten menyerukan segera menghentikan perang, segera mengatasi masalah kemanusiaan, dan mendorong agar dihasilkannya kemajuan dialog dan negosiasi antara semua pihak di Ukraina. Hal yang sama juga terus Indonesia sampaikan secara bilateral kepada negara-negara kunci.

"Hal ini Indonesia lakukan karena, jika situasi di Ukraina berkepanjangan, dampak negatif-nya tidak saja dirasakan di Eropa, namun juga di berbagai negara di seluruh dunia, dan saat ini dampaknya bahkan sudah mulai kita lihat, dari kenaikan harga pangan hingga energi," ujar Arrmanatha.

"Untuk itu, Indonesia akan terus mendorong upaya di PBB untuk bisa hentikan perang di Ukraina," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement