Sabtu 09 Apr 2022 01:50 WIB

Malaysia Abstain Penangguhan Keanggotaan Rusia di Majelis HAM PBB

Malaysia termasuk dalam 58 negara yang abstain soal Rusia di Majelis HAM PBB.

Bendera Malaysia. Dalam pernyataannya pada Jumat (8/4/2022), Malaysia menjelaskan alasannya abstain dalam sidang khusus Majelis HAM PBB ke-11 yang menangguhkan keanggotaan Rusia pada majelis tersebut.
Foto:

Malaysia juga berpendapat bahwa komisi penyelidikan yang didirikan oleh Majelis HAM pada Maret 2022, perlu mendapat waktu untuk menjalankan penyelidikan. Komisi juga butuh waktu untuk menyampaikan penemuannya terlebih dahulu guna mengesahkan semua dakwaan mengenai pelanggaran hak asasi manusia dan undang-undang kemanusiaan yang berlaku secara serius dan sistematik di kawasan konflik tersebut.

Sebagai anggota Majelis HAM, Malaysia menegaskan kembali prinsipnya untuk tidak mendukung semua tindakan yang mempolitikkan isu-isu yang disampaikan di Majelis HAM. Situasi di kawasan konflik di Ukraina adalah amat membimbangkan.

Malaysia akan terus memantau perkembangan, termasuk situasi hak asasi manusia dan kemanusiaan di kawasan bergolak. Malaysia juga kembali menyerukan agar bantuan kemanusiaan dapat diulurkan tanpa halangan kepada semua pihak yang terdampak, terutama golongan rentan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement