Senin 11 Apr 2022 08:05 WIB

Sulitnya Karantina Pasien Covid-19 di Shanghai

Shanghai menggandakan kebijakan karantina Covid-19

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Warga berjalan di pedestrian yang kosong di Shanghai, China, Senin (29/3/2022). Shanghai melakukan karantina wilayah dua tahap terhadap 26 juta penduduknya pada Senin.
Foto:

Saat dimintai komentar oleh Reuters, pemerintah Shanghai mengirim laporan media lokal dengan sudut pandang orang pertama kehidupan di salah satu pusat karantina. Penulis yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan, ingin menghilangkan ketakutan bahwa situs semacam itu mengerikan. Dia mengatakan menerima banyak makanan dan obat-obatan tetapi merekomendasikan orang membawa penyumbat telinga dan masker mata. Sedangkan pihak berwenang tidak memberikan komentar lebih lanjut.

Shanghai menggandakan kebijakan karantina, mengubah sekolah, blok apartemen yang baru selesai dibangun, dan ruang pameran yang luas menjadi pusat karantina yang dapat menampung 50.000 orang. Pihak berwenang mengatakan pekan lalu bahwa mereka telah mendirikan lebih dari 60 fasilitas semacam itu.

Langkah-langkah ini, termasuk mengirim pasien ke tempat karantina di provinsi tetangga, telah disambut oleh publik dengan campuran kekaguman pada kecepatan dan kengerian. Kondisi ini mendorong beberapa penduduk Shanghai untuk menyerukan agar karantina rumah diizinkan.

Media pemerintah China telah menunjukkan rumah sakit dengan hanya dua atau tiga pasien per kamar. Namun, pasien yang dikirim ke pusat karantinta sementera seperti gedung pameran Shanghai mengatakan, mereka hidup berdampingan dengan ribuan orang asing, tanpa dinding, atau kamar mandi dan dengan lampu langit-langit menyala setiap saat.

Video di media sosial China telah menunjukkan situs karantina yang diubah dengan tergesa-gesa, termasuk pabrik kosong yang bobrok. Terdapat tempat karantina yang terbuat dari kontainer pengiriman dan sekolah dengan poster yang mengatakan selimut dan air panas tidak tersedia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement