Jumat 22 Apr 2022 04:10 WIB

Menlu Ukraina Bilang ke Bulgaria Ini Saatnya Membuat Pilihan

Menlu Ukraina menyebut bantuan militer penting untuk membantu negaranya bertahan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Reiny Dwinanda
Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba. Menurut Kuleba, sudah saatnya Bulgaria menentukan pilihan mengenai kesediaannya membantu Ukraina dalam hal persenjataan.
Foto:

Sebuah partai koalisi keempat, ITN populis, belum mengambil posisi yang jelas tentang masalah ini. Kuleba menolak usulan kompromi PP.

"Jika Anda memiliki helm dan rompi antipeluru, tetapi Anda tidak memiliki pistol di tangan, Anda akan ditakdirkan mati. Jadi setengah-setengah ini bagus secara politis, tetapi pada dasarnya pesannya adalah 'kami ingin anda mati terlindungi'," kata Kuleba.

Ribuan orang telah tewas, kota-kota besar telah dibombardir, dan sekitar 11 juta orang--sekitar seperempat dari populasi Ukraina, mengungsi dalam perang sejak Rusia melancarkan invasi pada 24 Februari 2022. Parlemen Bulgaria diperkirakan akan berdebat pada pekan depan, setelah akhir pekan Paskah Ortodoks, tentang dukungan lebih lanjut bagi Ukraina.

Bulgaria adalah sekutu terdekat Moskow di Eropa Timur pada masa Komunis. Bulgaria telah mempertahankan hubungan budaya, pariwisata, dan perdagangan esensial, dan masih sangat bergantung pada gas dan minyak Rusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement