Kamis 26 May 2022 06:14 WIB

Turki Tagih Syarat untuk Dukung Swedia dan Finlandia Masuk NATO

Turni menuntut ekstradisi orang-orang yang berhubungan dengan terorisme.

Rep: Dwina agustin/ Red: Friska Yolandha
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menunjukkan dokumen saat Swedia dan Finlandia mengajukan keanggotaan di Brussels, Belgia, Rabu 18 Mei 2022. Juru bicara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Ibrahim Kalin bersikeras bahwa Turki tidak akan menyetujui Swedia dan Finlandia bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Rabu (25/5/2022).
Foto:

Tuntutan itu juga menyerukan pencabutan sanksi senjata terhadap Turki. Kemudian meminta kerja sama global melawan terorisme.

Ankara mengatakan telah meminta ekstradisi Kurdistan dan afiliasi lainnya sejak 2017 tetapi belum menerima tanggapan positif dari Stockholm. Pemerintah Turki mengklaim Swedia telah memutuskan untuk memberikan 376 juta dolar AS untuk mendukung kelompok Kurdistan pada 2023 dan telah memberi mereka peralatan militer, termasuk senjata anti-tank dan drone. 

Sedang kantor berita Finlandia STT mengatakan Rabu, mengutip data dari Kementerian Kehakiman Finlandia, negara itu telah menerima sembilan permintaan ekstradisi dari Turki dalam periode terakhir yang mencakup lebih dari tiga tahun. Dua orang diekstradisi sementara enam permintaan ditolak. Sebuah keputusan sedang menunggu keputusan mengenai satu kasus lainnya.

Swedia dan Finlandia mengajukan aplikasi tertulis untuk bergabung dengan NATO minggu lalu. Namun Turki telah menentang keanggotaan negara-negara itu dalam aliansi militer Barat. 

Kedua negara dianggap mendukung kelompok Kurdistan PKK dan entitas lain yang dipandang Turki sebagai ancaman keamanan. Kelompok ini terdaftar sebagai organisasi teror oleh beberapa sekutu Turki karena telah melakukan pemberontakan selama beberapa dekade. 

Keberatan Ankara telah meredam harapan Stockholm dan Helsinki untuk segera bergabung dengan NATO. Semua 30 anggota NATO harus setuju untuk menerima anggota baru. 

 

sumber : AP
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement