Sabtu 18 Jun 2022 09:53 WIB

China Luncurkan Kapal Induk Generasi Baru Buatan Sendiri

Kemampuan kapal induk Fujian dianggap menyaingi kapal induk Barat.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ani Nursalikah
Asap warna-warni tanpak dalam upacara peluncuran kapal induk baru China yang ketiga bernama Fujian di Shanghai, Jumat (17/6/2022). Fujian merupakan kapal induk yang didesain dan dibangun seluruhnya di China. China Luncurkan Kapal Induk Generasi Baru Buatan Sendiri
Foto:

"Setelah beroperasi penuh, kapal induk ketiga PLAN juga akan dapat mengerahkan rangkaian pesawat yang lebih lengkap yang terkait dengan operasi kelompok pemogokan kapal induk termasuk transportasi pengiriman onboard kapal induk dan airborne early warning dan control airframes, seperti KJ-600," ujarnya merujuk pada Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China.

Xinhua melaporkan Fujian yang membawa lambung nomor 18 memiliki bobot muatan penuh 80 ribu ton. Dalam laporan Maret yang disiapkan oleh US Congressional Research Service, analis mengatakan, citra satelit menunjukkan perpindahan Type 003 adalah sekitar 100 ribu ton, mirip dengan kapal induk Angkatan Laut AS.

PLAN saat ini memiliki sekitar 355 kapal, termasuk kapal selam. AS memperkirakan kekuatan akan tumbuh menjadi 420 kapal pada 2025 dan 460 kapal pada 2030. Meskipun memiliki angkatan laut terbesar di dunia secara numerik, hanya PLAN untuk saat ini masih belum memiliki kemampuan yang mendekati Angkatan Laut AS dan kemampuan tetap jauh tertinggal di kapal induk.

Angkatan Laut AS adalah pemimpin dunia dalam kapal induk dengan 11 kapal bertenaga nuklir. Washington juga memiliki sembilan kapal serbu amfibi yang dapat membawa helikopter dan jet tempur lepas landas vertikal.

Sekutu AS seperti Inggris dan Prancis juga memiliki kapal induk sendiri dan Jepang memiliki empat helikopter perusak yang secara teknis bukan kapal induk, tetapi membawa pesawat. Sebanyak dua sedang dikonversi untuk mendukung pesawat tempur lepas landas pendek dan pendaratan vertikal.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement