Sabtu 19 Aug 2023 21:18 WIB

Fujian, Kapal Induk Cina yang Setara Dengan Milik Amerika Serikat

Kapal induk adalah salah satu simbol dari kekuatan militer suatu negara.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Kapal induk pertama Cina (ilustrasi).
Foto: CCTV News
Kapal induk pertama Cina (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Type 003 atau Fujian merupakan kapal induk ketiga dan paling canggih yang dibangun oleh Cina. Fujian  adalah kapal induk besar yang digerakkan secara konvensional, dan merupakan kapal induk Cina pertama yang menggunakan ketapel elektromagnetik untuk meluncurkan pesawat.

Kapal induk Type 003 diluncurkan pada Juni 2022, dan dijadwalkan akan diresmikan ke Angkatan Laut Cina pada tahun 2024. Kapal induk ini dilengkapi dengan landasan pacu ski, yang memungkinkannya meluncurkan pesawat tanpa perlu ketapel. Namun, penggunaan ketapel elektromagnetik akan memungkinkan kapal induk meluncurkan lebih banyak jenis pesawat, termasuk pesawat tempur yang lebih berat dan lebih canggih.

Baca Juga

"Kapal induk adalah salah satu simbol yang paling terlihat dari kekuatan militer suatu negara. Cina salah satu dari segelintir negara yang memiliki banyak kapal induk. Cina meluncurkan kapal induk ketiganya, Fujian, pada 17 Juni 2022. Setelah beroperasi, kapal induk ini akan jauh lebih canggih daripada kapal induk kedua Tiongkok, Shandong, dan kapal induk pertamanya, Liaoning," kata lembaga think-tank Center for Strategic and International Studies di situs China Power yang dikutip pada Sabtu (19/8/2023).

China Power mengatakan saat ini Fujian di parkir di Galangan Kapal Jiangnan, Shanghai dan diperkirakan akan menjalani beberapa uji coba dalam beberapa bulan mendatang. Uji coba ini akan memastikan kesiapannya sebelum ditugaskan ke Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Kapal ini memiliki bobot lebih dari 80.000 ton yang menjadikannya sebanding dengan kapal induk kelas Nimitz Angkatan Laut Amerika Serikat. Ukuran Fujian atau Type 003 yang lebih besar akan memungkinkannya membawa lebih banyak pesawat dan kru.

Kapal induk Type 003 merupakan terbosan penting Angkatan Laut Cina. Fujian merupakan kapal induk Cina yang paling canggih saat ini. Setelah beroperasi kapal induk Type 003 akan meningkatkan kemampuan Angkatan Laut Cina, dan akan menimbulkan tantangan besar bagi Angkatan Laut Amerika Serikat di kawasan Asia-Pasifik.

Beberapa fitur kunci kapal induk Fujian ... 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement