Senin 25 Jul 2022 22:26 WIB

Belanda Mulai Gulirkan Program Vaksinasi Cacar Monyet

Warga Belanda yang dianggap paling berisiko terpapar menjadi prioritas vaksinasi.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksinasi cacar monyet (ilustrasi). Belanda sudah mencatatkan 712 kasus cacar monyet. Program vaksinasi cacar monyet mulai digulirkan Belanda pada Senin (25/7/2022).
Foto:

Sebelumnya, Uni Eropa hanya menyetujui vaksin Bavarian untuk mengobati cacar. Namun, pekan lalu, European Medicines Agency (EMA) merekomendasikan vaksin tersebut untuk penanganan wabah cacar monyet di Benua Biru.

Amerika Serikat (AS) dan Kanada sudah terlebih dulu memberi persetujuan serupa. WHO telah menetapkan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) pada Sabtu (23/7/2022) lalu.

 

photo
Asal usul cacar monyet. - (Republika)

 

WHO sudah mengonfirmasi setidaknya 16 ribu kasus penyakit tersebut di lebih dari 75 negara. "Meskipun saya menyatakan PHEIC, untuk saat ini wabah (cacar monyet) terkonsentrasi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria, terutama mereka yang memiliki banyak pasangan seksual," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Kendati dinyatakan sebagai PHEIC, menurut Ghebreyesus, risiko wabah cacar monyet moderat secara global, kecuali di Eropa. Ghebreyesus mengungkapkan, risiko penyebaran atau penularan penyakit tersebut tinggi di Benua Biru.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement