Rabu 10 Aug 2022 09:48 WIB

2 Kapal Gandum Kembali Berangkat dari Pelabuhan Ukraina

Kapal membawa 11 ribu ton kedelai ke Italia dan 48 ribu ton jagung ke Turki

Dua kapal lagi yang membawa gandum meninggalkan Ukraina
Dua kapal lagi yang membawa gandum meninggalkan Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID., ISTANBUL -- Dua kapal lagi yang membawa gandum meninggalkan Ukraina pada hari Senin (8/8/2022) di bawah kesepakatan yang ditandatangani di Istanbul, menurut Kementerian Pertahanan Nasional Turki. Menurut kementerian, pengiriman biji-bijian dari pelabuhan Ukraina berlanjut sebagai bagian dari pekerjaan Pusat Koordinasi Gabungan.

Kapal SACURA, yang membawa 11.000 ton kedelai ke Italia, berangkat dari Yuzhne, dan kapal lain ARIZONA, yang membawa 48.458 ton jagung ke Iskenderun, Turki, berangkat dari Chornomorsk.

Selain itu, empat kapal lain yang berangkat dari pelabuhan Ukraina pada hari Ahad akan berlabuh di Istanbul pada Senin malam dan akan diperiksa pada Selasa.

Turki, PBB, Rusia, dan Ukraina menandatangani kesepakatan penting pada 22 Juli untuk membuka kembali tiga pelabuhan Ukraina - Odesa, Chernomorsk, dan Yuzhny - untuk gandum yang telah macet selama berbulan-bulan karena perang Rusia-Ukraina.

Untuk mengawasi ekspor biji-bijian Ukraina, Pusat Koordinasi Gabungan di Istanbul secara resmi diluncurkan pada 27 Juli, yang terdiri dari perwakilan dari tiga negara dan PBB untuk memungkinkan pengangkutan bahan makanan dan pupuk komersial yang aman dengan kapal dagang.

 

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/2-kapal-gandum-kembali-berangkat-dari-pelabuhan-ukraina/2656379
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement