Rabu 31 Aug 2022 10:43 WIB

Gorbachev, Pemenang Nobel Perdamaian yang Dibenci Tanah Airnya

Mikhail Gorbachev sangat dibenci di negaranya sendiri.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Mikhail Gorbachev
Foto: CNN
Mikhail Gorbachev

REPUBLIKA.CO.ID, MOSCOW -- Mikhail Gorbachev memimpin Uni Soviet kurang dari tujuh tahun. Namun, dia melakukan serangkaian perubahan yang menakjubkan, termasuk mengakibatkan runtuhnya negara Soviet, pembebasan negara-negara Eropa Timur dari dominasi Rusia dan akhir dekade konfrontasi nuklir Timur-Barat.

“Saya melihat diri saya sebagai orang yang memulai reformasi yang diperlukan untuk negara dan untuk Eropa dan dunia,” kata Gorbachev kepada Associated Press dalam wawancara 1992 tak lama setelah dia meninggalkan kantor.

Baca Juga

“Saya sering ditanya, apakah saya akan memulai semuanya lagi jika harus mengulanginya? Ya memang. Dan dengan lebih ketekunan dan tekad,” katanya.

Banyak perubahan, termasuk pecahnya Soviet, tidak mirip dengan transformasi yang telah dibayangkan Gorbachev ketika menjadi pemimpin Soviet pada Maret 1985. Pada akhir pemerintahannya, dia tidak berdaya untuk menghentikan angin puyuh yang telah ditabur. Namun Gorbachev mungkin memiliki dampak yang lebih besar pada paruh kedua abad ke-20 daripada tokoh politik lainnya.

“Proses merenovasi negara ini dan membawa perubahan mendasar dalam komunitas internasional terbukti jauh lebih kompleks daripada yang diperkirakan semula,” kata Gorbachev kepada bangsa itu saat dia mengundurkan diri pada 25 Desember 1991.  

Gorbachev memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian 1990 untuk perannya dalam mengakhiri Perang Dingin. Dia menghabiskan tahun-tahun terakhirnya mengumpulkan penghargaan dan penghargaan dari seluruh penjuru dunia. Namun dia sangat dibenci di negaranya sendiri.

Rusia menyalahkannya atas kehancuran Uni Soviet pada 1991. Negara adidaya yang dulu menakutkan kemudian wilayahnya terpecah menjadi 15 negara terpisah. Mantan sekutunya meninggalkannya dan menjadikannya kambing hitam atas masalah negara.

Pencalonannya sebagai presiden pada 1996 adalah lelucon nasional, dan dia mendapatkan kurang dari satu persen suara. Pada 1997, dia terpaksa membintangi iklan televisi untuk Pizza Hut untuk mendapatkan uang untuk yayasan amal.

“Dalam iklan itu, dia harus mengambil pizza, membaginya menjadi 15 irisan seperti dia membagi negara kita, dan kemudian menunjukkan bagaimana menyatukannya kembali,” ujar Anatoly Lukyanov yang pernah menjadi pendukung Gorbachev.

Gorbachev tidak pernah berniat untuk membongkar sistem Soviet. Apa yang ingin dia lakukan adalah memperbaikinya. Segera setelah mengambil alih kekuasaan, Gorbachev memulai kampanye untuk mengakhiri stagnasi ekonomi dan politik negaranya. Dia menggunakan "glasnost" atau keterbukaan untuk membantu mencapai tujuannya perestroika atau restrukturisasi.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement